in ,

Aksi Gandhi, Diamnya Ditakuti (Era Perjuangan Kemerdekaan India)

Gandhi

Resume Film tokoh Mahatma Gandhi kali ini dipilih dari Film yang berjudul “Gandhi” dirilis pada tahun 1982 dan dibintangi oleh aktor Ben Kingsley yang juga meraih penghargan Academy Award untuk peran ini. Dari penelusuran tim seksi pendidikan kami Film Gandhi tahun 82 ini merupakan salah satu film biografi terbaik dari banyak film lain yang dibuat tentang Mahatma Gandhi ini.

Google Pic

Diawali dengan cuplikan ditembaknya Gandhi dari jarak dekat, film ini kemudian melakukan flashback cerita asal mula perjalanan Sang Mahatma Gandhi pemilik nama sebenarnya Mohandas Karamchand Gandhi. Seorang pengacara kedutaan Inggris yang aseli dari India, saat itu India dibawah jajahan kerajaan Britania Raya. Diiringi dengan barisan para militer, pejabat hingga rakyat India mengantar iring – iringan jenazah Mahatma Gandhi untuk di kremasi dan dilarung ke laut abunya, menandai akhir perjuangannya.

Film berdurasi hampir tiga setengah jam ini mengambil latar negara India dalam dua keadaan, saat masih dibawah jajahan kerajaan Britania Raya dan keadaan setelah India menjadi negara persemakmuran Inggris.

Fase India Dibawah Penjajahan Britania Raya

Pada fase ini Gandhi sebagai seorang warga India dilecehakan dengan diusir dari kereta api kelas eksekutif yang membawanya. Sebagai seorang pengacara yang bekerja di Afrika Selatan (Afsel) dimana politik Apartheid berlaku disana, maka tidak ada fasilitas atau tempat yang setara bagi orang kulit putih dengan bangsa kulit hitam, coklat dan warna lainnya selain putih. Meskipun memiliki tiket eksekutif yang didapatnya dari kerajaan Britania Raya tetap saja Gandhi muda saat itu dilempar keluar kereta api.

Dari kejadian ini Gandhi muda mulai berfikir untuk melakukan perjuangan atas ketidakbenaran cara kerja Apartheid ini. Sebagai seorang India Gandhi mengumpulkan rekan Indianya di Afsel baik yang beragama Islam, Sikh juga Hindu untuk berani melakukan perlawanan. Melalui kongres India Gandhi mengajak semua teman Indianya melakukan pembakaran surat hak istimewa sebagai warga persemakmuran Britania Raya kedalam bara api. (Bersambung part 2)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Merenungi Makna New Normal, Dan Mengambil Porsi Kita di Dalamnya

Pertahankan Tren Positif, Madira FC Gebuk FKIP Demi Tiket Final Four