in

Al-Qur’an dan Membaca

Oleh : Ismail Abdurrahman
Mahasiswa STEI SEBI Depok

Linkkan.com – Membaca merupakan terpenting dalam hidup kita, karena dengan membaca kita dapat ‘menguasai dunia’. Ada yang terlupakan dari perhatian kita, bahwa pelajar datang ke sekolah hanya untuk mendengarkan apa yang diberikan oleh guru mereka lalu mereka menggunakan waktunya untuk bermain dengan temannya. Ada hal yang penting terlupakan di sini, budaya membaca.

Al Quran, yang menjadi rujukan pertama ummat islam telah menegaskan pentingnya membaca dengan ayat yang pertama turun kepada nabi Muhammad saw di gua Hira’. ayat itu berlafadz iqro’, yang artinya baca-lah. Ini menandai pentingnya membaca bagi ummat manusia yang khususnya bagi ummat islam sendiri. Sudah sepatutnya sebagai muslim gemar dengan membaca Al-Qur’an atau buku pengetahuan lainnya.

Isi dari Al-Qur’an sendiri, yang mana satu per tiganya merupakan kisah pada masa lampau, masa kini maupun masa yang akan datang. Dan kata membaca dalam Al-Qur’an diulang sebanyak 89 kali dan kata menulis diulang sebanyak 303 kali. Ini lah salah satu bukti mukjizat dari Al-Qur’an.

Maka tidak berlebihan, jika nabi Muhammad saw dinobatkan sebagai ‘Bapak Literasi Dunia’. Dengan Al-Qur’an diturunkan kepada beliau dan mengamalkannya dan akhirnya sampai pada kita.(NK)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Sociopreneur Sebagai Model Bisnis Kekinian, Untung Dunia Dan Akhirat…Amiin

Menulis Adalah Simbol Peradaban Islam Sejak Zaman Kenabian