in

Berawal Bisnis Menjadi Sosial

Ilustrasi-rencana-bisnis
Ilustrasi bisnis, sumber ilustrasi: thetanjungpuratimes.com

Oleh : Muhammad Auliya Alfien

Setiap orang memiliki jiwa sosial yang sudah terbentuk sejak Iahir. Semua itu berawal dari sebuah teori dimana manusia merupakan makhluk sosial.

Makhluk yang tidak bisa hidup sendiri yang harus dan pasti akan selalu membutuhkan bantuan orang lain.

Di dalam kehidupan sosial wmasyarakat kita sehari hari,kita1idak mungkin terlepas dari kata yang namanya keluarga, teman dan persahabatan. Sehingga hal itulah yang mendorong kita untuk menelesaikan misi kita sebagai makthk sosial tersebut.

Selain itu, setiap orang mempunyai cara untuk bagaimana mereka bertahan hidup. Mereka memiliki caranya masing-masing untuk bertahan hidup, ada yang bertahan melalui pekerjaan mereka, ada yang berusaha untuk mencari aman sebagai karyawan.

Ada juga yang bertahan dengan berusaha untuk meningkatkan tingkat karir mereka, dan ada pula yang benahan melalui dengan merintis bisnis. Atau tidak mau terikat dengan perusahaan atau sebagai karyawan.

Saat ini, di zaman sekarang ini banyak pemuda -pemuda yang memiliki keinginan umuk menjadi seorang pembisnis. Dan hal itupula yang sedang didorong oleh pemerintah dengan adanya kementerian ekonomi kreatif. Sehingga hal itu mendorong untuk segala aspek masyarakat memiliki daya kreatif yang digunakan dalam kegiatan ekonomi. Salah satunya ialah dengan berbisnis Selain itu tidak sedikit juga banyak anak muda yang tidak hanya memiliki bisnis. Melainkan mereka menerapkan konsep sosial di dalam bisnisnya untuk membantu. Merangkul orang lain agar memiliki kegiatan ekonomi dalam kehidupannya, kegiatan ekonomi tersebut dinamakan Sosialpreneur.

Sosialpreuneur adalah kegiatan ekonomi atau bisnis yang berbasis sosial. Dalam arti lain sosialpreuneur ini adalah bisnis yang dijalankan dengan menerapkan prinsip – prinsip sosial. Sosialpreuneur ini sangatlah membantu perekonommian suatu negara. Sebab kegiatan bisnis memiliki mata rantai yang sangat baik yang di mana seseorang tidak hanya mementingkan bisnisnya untuk meraih keuntungan sebesar – besarnya. Yang itu merupakan konsep bisnis pada umumnya, melainkan dalam sosialpreneur ini kita memiliki konsep saling membantu.

Di dalam sosialpreuneur memiliki nilai nilai khusus, yaitu bisnis yang kita jalankan hams memiliki nilai nilai tersebut. Terdapat 4 nilai yang ada dalam sosialpreuneur, pertama nilai sosial, lingkungan masyarakat, inovasi dan kegiatan ekonomi. Melalui nilai tersebut kita bisa membedakan bisnis yang profit oriented. Atau bisnis pada umumnya dengan bisnis sosialprueneur yang mengedepankan nilai-nilai sosial.

Misal dalam bisnis, kita memiliki suatu cara atau metode untuk mencapai tujuan kita yaitu meraih keuntungan. Seperti pada umumnya, kegiatan bisnis tidak akan berjalan jika tidak memiliki sumber daya yang ahli. Sebab itu menjadi salah faktor pendorong untuk mencapai suatu tujuan bisnis. Namun, dalam konsep sosialpreueneur ini sumber daya manusia ini kita bangun dengan cara bagaimana kita bisa memberdayakan. Sumber daya manusia yang apa adanya, menjadi ahli seiring dengan berjalannya kegiatan bisnis kita.

Biasanya sosialpreueneur ini memberdayakan masyarakat – masyarakat yang terpojokan. Atau disebut marjinal, seperti anak jalanan, orang yang berkebutuhan khusus, dan orang orang Iainnya yang tergolong marjinal dalam kehidupan masyarakat.

Melalui prinsip saling membantu ini dalam sosialpreuner, hal itu menimbulkan sebuah mata rantai yang sangat baik dalam perekonomian suatu negara. Sebab, sosialpreuneur ini menjadikan kaum – kaum marjinal yang berawal dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Menjadi orang yang memiliki efek dalam perekonomian negara, sehingga hal itu mengurangi pengangguran yang ada di suatu negara tersebut.

Namun, di dalam sosialpreueneur bukan berarti kita tidak boleh untuk memperoleh keuntungan yang banyak. Sebab jika kita tidak memperooleh keuntungan dalam bisnis, maka itu akan mematikan mata rantai perekonomian sosialpreuneur tersebut. Sebagai contoh, jika seseorang sosialpreuneur tidak memiliki sebuah inovasi-inovasi yang baru. Agar barang tersebut dapat bersaing dan memiliki nilai jual di masyarakat. Maka produk yang dijual itu akan mati dan kalah bersaing. Hal itu akan menyebabkan matinya perusahaan tersebut dan karyawan – karyawan yang sudah diberdayakan. Akan kehilangan mata pencahariannya Iagi, sehingga putuslah mata rantai perekonomian tersebut.

Oleh karena itu sosialpreuneur sangatlah penting untuk para pembisnis menerapkannya. Sebab selain kita mendapatkan profit, kita dapat membantu satu sama lain. Bukan hanya membantu melainkan berkembang dan memberdayakan masyarakat yang terpinggirkan. Hal itu merupakan sebuah perbuatan yang sangat mulia dan menjadi sebuah perwujudan visi kesuksesan dunia akhirat yang sebenarnya.

Hidup bukan hanya tentang kita individu, tuhan menciptakan kita bermacam macam untuk saling mengenal dan bersalaman dalam kebaikan. Sehingga kita dapat mewujudkan segala bentuk tatanan sosial yang baik di dalam hidup kita dengan membantu dan bergandengan dengan berbagi. Di mulai dari bisnis yang kita jalankan. Itu akan menjadi sebuah nilai yang baik ketika kita menjalankan beriringan dengan nilai sosial yang ada diterapkan dalam bisnis kita.

Sehingga kita bukan hanya mendapatkan kepuasan materiil saja melainkan kepuasan rohani kita terpenuhi. Yang dimana hal itu harus berjalan berdampingan dalam kehidupan kita.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Krisis Air Di Kota Bengkulu, ACT Kirim Mobil Water Tank Bagi Warga Pematang Gubernur

Dari Atap Yatim Menuju Ke Pelosok Dunia