in

Berbisnis di Tengah Pandemi Corona, Apa Bisa? Oleh Jamilah, Maha

Di tengah wabah corona seperti sekarang ini, sektor ekonomi menjadi salah satu sektor yang terkena dampaknya. Resiko dari adanya virus ini yaitu banyak pegawai yang di rumahkan tanpa diberi gaji bahkan lebih parahnya lagi banyak pula para pegawai yang kehilangan pekerjaannya sehingga mereka tidak memiliki penghasilan selama di rumah saja. Tidak sedikit pula warga yang tidak mempunyai pegangan uang sehingga mengharuskan mereka tetap beraktivitas di luar rumah seperti supir angkot, pedagang asongan dan pedagang kaki lima, padahal seperti kita ketahui resiko tertular oleh virus corona tentu sangat besar jika kita beraktivitas di luar rumah. Lalu apakah kita bisa tetap mendapatkan penghasilan di tengah wabah ini dengan tetap berdiam di rumah saja? Dan apakah ada bisnis yang bisa kita kembangkan di tengah pandemic virus ini?

Tentu saja ada. Tidak semua sektor di bidang ekonomi yang mengalami penurunan, tapi ada juga sektor-sektor tertentu yang malah mengalami peningkatan penjualan bahkan menjadi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa beberapa bisnis yang bisa kita bangun agar kita bisa tetap mempunyai penghasilan dari rumah. Pertama adalah kita bisa berjualan masker, sebagaimana kita ketahui saat ini masker menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi pemerintah sudah menghimbau semua masyarakat untuk menggunakan masker saat keluar rumah baik yang sakit maupun yang sedang tidak sakit. Maka peluang bisnis yang pertama adalah berjualan masker, untuk mendapatkan maskerpun sangatlah mudah, kita bisa membelinya secara grosiran secara online maupun offline lalu menjualnya kembali secara eceran. Jika kita memiliki mesin jahit, kita bisa membuat masker kain sendiri di rumah. Caranya pun sangatlah mudah, banyak tutorial cara membuat masker di youtube dan kita bisa belajar secara otodidak. Menjual masker dengan cara membuat sendiri tentunya akan mendatangkan untung yang lebih besar apalagi jika kita menggunakan kain yang sudah tidak kita pakai tapi tetap dengan kualitas kain tertentu.

Peluang bisnis yang kedua adalah menjual handsanitizer. Seperti kita ketahui saat ini handsanitizer menjadi barang yang langka, apalagi ketika awa-awal virus ini masuk ke Indonesia. Di rupermarket, apotek dan lainnya semua handsanitizer habis. Maka dari itu berjualan handsanitizer juga bisa menjadi peluang bisnis yang bagus. Sama seperti masker, kita bisa membeli terlebih dahulu kepada orang lain dan menjualnya kembali atau bisa juga kita membuat handsanitizer sendiri. Bahan-bahannya pun sangatlah mudah didapatkan.

Peluang bisnis yang ketiga adalah berjualan vitamin, madu dan bahan-bahan lain yang bisa menjaga imunitas tubuh tetap baik. Virus corona tidak akan bertahan di tubuh manusia yang memiliki imun tubuh yang baik, maka semua masyarakat berlomba-lomba membeli vitamin dan semacamnya untuk menjaga imun mereka. Maka inipun bisa menjadi peluang bisnis untuk kita.

Peluang bisnis yang selanjutnya adalah menjual makanan secara online. Dengan adanya himbauan untuk tetap dirumah saja, maka banyak masyarakat yang tidak melakukan aktivitas di luar rumah karena mereka takut tertular virus covid 19 ini, maka kita bisa membuka bisnis dengan berjualan bahan makanan maupun kebutuhan yang lainnya secara online. Selain memudahkan customer, berjualan online juga menjadi sangat tepat disaat wabah seperti ini, apalagi jika kita menerapkan sistem bisa diantar ke rumah para pembeli. Tapi jangan lupa juga saat kita mengantarkan ke rumah para pembeli kita harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan juga yaa.

Peluang bisnis yang terakhir adalah berjualan pulsa dan kuota. Seperti kita ketahui saat ini kegiatan belajar mengajar dan kegiatan bekerja terganggu karena adanya virus ini. Pemerintah menerapkan sistem work from home dan pembelajaran dari rumah bagi para siswa dan mahasiswa. Tentunya untuk melakukan pekerjaan dan belajar secara online dibutuhkan kuota internet. Maka berjualan pulsa dan kuota bisa menjadi peluang bisnis yang baik di tengah pandemi virus corona.

Demikianlah beberapa peluang bisnis yang bisa kita coba di tengah wabah corona ini, semoga kita tetap memiliki penghasilan agar tetap bisa menyambung hidup dan jangan lupa taati himbauan pemerintah dengan tetap berdiam diri di rumah saja jika tidak ada keperluan yang sangat penting ya. Mari kita sama-sama bantu pemerintah memutus penyebaran virus covid 19 ini.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Kedudukan dan Fungsi Maqashid Syari'ah

Resmi Dilantik, Islah Pusat 2020-2023 Siapkan 8 Program Unggulan