in

Diskusi BSMI Bengkulu: PANCASILA & KERELAWANAN

Linkkan.com – Dalam momentum Peringatan Hari Pancasila 1 Juni 2021, Pengurus & Relawan BSMI Bengkulu, mengadakan Diskusi dengan tema ” Pancasila & Kerelawanan “.

Kegiatan ini dilaksanakan diposko BSMI Bengkulu, Prumnas Korpri Bentiring Kota Bengkulu. Dihadiri pengurus BSMI Wilayah Cabang Bengkulu dan para Relawannya sekitar 27 orang. Dimulai pukul 09.30 hingga pukul 14.00 siang.

Acara ini langsung dibuka dan diberi arahan oleh Ketua BSMI Wilayah Cabang Bengkulu, dr.Nurcholis Hendri Nugraha.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Nindyo Kusmanto,S.Ag, dengan tema Pancasila & Kerelawanan.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Nindyo, Sebagai seorang Relawan Kemanusiaan merupakan perwujudan dan implementasi dari penjabaran nilai-nilai Pancasila.Pancasila sebagai sebuah nilai pemersatu dan perekat anak bangsa dinegeri ini, harus terus tumbuh dan dikembangkan. Terutama dikalangan generasi Millineal. Karena derasnya hantaman gelombang liberalisme, sekularisme, serta sosialisme akan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara dinegeri ini.

Relawan Kemanusiaan dalam menjalankan tugas dan aktifitasnya, sebagai tanggung jawab serta menjunjung dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan, tanpa melihat atau memandang status suku, agama, ras, sosial dan budaya seseorang. Dan ini merupakan penjabaran serta implementasi dari nilai-nilai Pancasila.

Pancasila harus dibumikan. Dalam pengertian bahwa Pancasila tidak cukup hanya menjadi alat propaganda dari pihak-pihak tertentu tapi jauh dari pratek dalam kehidupan sehari-hari.

Menjunjung tinggi norma atau nilai-nilai kemanusiaan, harus terus ditanamkan kepada setiap individu. Pada level apapun, dan oleh siapa pun. Sebagaimana kita sangat peduli atas penderitaan yang dialami oleh bangsa Palestina karena dijajah oleh Zionis Israel sejak tahun 1948 hingga detik ini.

Apa yang terjadi di Palestina adalah suatu tragedi kemanusiaan dijaman modern. Oleh karena itu, wajar jika masyarakat dunia memiliki perhatian yang serius atas tragedi penjajahan yang dilakukan oleh Zionis Israel atas warga Palestina.

Bagi seorang Relawan Kemanusiaan, apa yang terjadi di Palestina sudah menjadi kewajibannya untuk membantunya, semaksimal mungkin dan tentu sesuai dengan kemampuanya.

Jadi persoalan Palestina tidak hanya dipandang dari sudut agama, namun ada sisi lain yang menjadi pertimbangan atau alasan kenapa kita wajib membantu dan berada diposisi warga Palestina. Tentu diantara jawabannya adalah karena faktor Kemanusiaan.

Dan Nindyo juga menyampaikan, bahwa BSMI baik secara lokal maupun nasional tidak hanya fokus terhadap persoalan-persoalan yang bersifat Internasional, sebagaimana yang terjadi di Palestina dan beberapa belahan dunia lain, namun juga tetap membantu masyarakat lokal baik berkenaan dengan keperluan kesehatan atau pun dengan bantuan berbentuk sembako maupun uang tunai.

Acara ini juga disampaikan bantuan uang tunai, serta uang donasi dari IKARO Benteng yang langsung diterima oleh dr.Nurcholis Hendri Nugraha.

Sebelum acara ini resmi ditutup maka dilakukan foto bareng dari semua peserta yang hadir.

Nindyo Kusmanto,S.Ag
Pengurus & Relawan Kemanusiaan

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

UNHAN Peringati Hari Lahir Pancasila: Webinar Api Semangat Pancasila Dalam Bela Negara, Lahirkan 5 Rekomendasi Ini

Rp. 130 Juta, Bantuan Masyarakat Indonesia Tahap Ke-2 Melalui BSMI Bengkulu Untuk Palestina