in

Hari Kedua KKDN Prodi DRK Evaluasi Reintegrasi Damai Aceh, Dengarkan Pemaparan Ketua Komisi I DPRA

Linkkan.com – Memasuki hari kedua Selasa, (23/03) Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Prodi Damai dan Resolusi Konflik (DRK) 2021. Siswa S2 DRK melakukan diskusi dengan fokus terhadap perkembangan dan evaluasi proses reintegrasi damai di Aceh.

Ketua Komisi I DPRA

Masih dilaksanakan secara daring. Narasumber kali ini adalah Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Tengku Muhammad Yunus M Yusuf dari Fraksi Partai Aceh. Dalam pemaparannya Bang Yunus menjelaskan flash back tentang komitmen damai paska perjanjian Helsinky yang diwujudkan dalam UU Otsus dan UU Pemerintah Aceh.

“UU Otsus dan UU Pemerintah Aceh adalah hasil dari perjanjian Helsinky. Meskipun kita juga tahu perjanjian ini tidak pernah dipublish. Maka kami mencatat beberapa poin yang hingga hari ini menjadi aspirasi masyarakat yang kami sebagai dewannya harus menyampaikan ini kepada pihak yang terkait,” ujar Wakil Rakyat Aceh pemilik 20.000an suara dapil Aceh Timur ini dalam pemaparannya.

Adapun diantara hal yang belum terealisasi menurut Tengku Yunus adalah soal pemberian lahan bagi exKombatan GAM, Tapol Napol dan Korban Konflik Sosial. Juga terkait belum hadirnya pengadilan HAM bagi korban konflik masa lalu.

Webinar dimulai pada pukul 09.00 WIB sd 12.00 WIB. Dipandu oleh MC sekaligus moderator Siswa S2 Dadang Mas Bakar, S.Psi yang langsung memandu jalannya diskusi. Dihadiri hampir 50 partisipan di ruang zoom. Bukan hanya siswa akan tetapi turut hadir Dosen-dosen senior dari Prodi DRK seperti Bapak I Gede Sumertha, Bapak Puguh Budi Santoso, Bapak Adnan Majid, Bapak Djayeng, Bapak Eri Hidayat dan Bapak Akhmed Sukendro.(IH)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Hadirkan Dirjen Otda Kemendagri, KKDN Online Prodi DRK Usung Tema Resolusi Konflik Aceh untuk Mewujudkan Perdamaian Positif di Masa Depan

Hadirkan Prof Hamdi Muluk, KKDN Prodi DRK UNHAN Hari Ketiga Lihat Resolusi Konflik dan Damai Aceh Sisi Psikologi Sosial