in

Kunjungi SAE BAPASLu, Kadivpas: Bukan Hanya Program Lapas dan Rutan

Linkkan.com – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu Ika Yusanti Jum’at (02/07/) mengunjungi 2 lokasi Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) milik Balai Pemasyarakatan Klas II Bengkulu (BAPASLu).

SAE Pokmas Lapas APG Farm

Dalam kesempatan ini Ibu Kadivpas menyampaikan bahwa program SAE yang diwajibkan bagi Lapas dan Rutan sesuai Keputusan Dirjen PAS Nomor : PAS-403.PK.01.04.04 TAHUN 2021 tentang Penyelenggaraan Sarana Asimilasi dan Edukasi. “Sangat baik apa yang dilakukan oleh BAPASLu, melakukan modifikasi Program yang asalnya untuk Lapas dan Rutan, SAE justru dilaksanakan oleh BAPASLu,” ujar Kadivpas ditengah kunjungannya.

SAE Pokmas Lapas Jogja Laundry

Kadivpas juga menyampaikan penghargaan yang setingi-tingginya dan terimakasih kepada Pokmas Lipas yang berkenan memfasilitasi Klien dalam meningkatkan hidup, kehidupan dan penghidupan. Ika yusanti juga berpesan kepada klien untuk senantiasa semangat dan percaya diri untuk terus mengaplikasikan hasil pelatihan hingga bisa usaha mandiri.

Bersama Kabid Pembinaan Divisi Pemasyarakatan Bapak Andi, KaBapaslu Resman Hanafi, PK BAPASLu dan beberapa staff langsung mengunjungi 2 lokasi SAE BAPASLu yang merupakan Pokmas Lipas APG Farm milik Ir.Efredi Damri dan Jogja Laundry.

“Kami BAPASLu berfikir justru Bapas sangat baik jika juga membuka SAE, sehingga apa yang didapatkan di dalam Lapas atau Rutan bisa kita lanjutkan di SAE milik BAPASLu,” ujar Resman Hanafi KaBapaslu.

Beliau juga menambahkan bahwa SAE ini sebagai wujud revitalisasi Pemasyarakatan dan buah dari Pokmas Lapas. Sementara ini setelah mengikuti pelatihan berkebun dan pengelolaan laundry. Ada masing-masing 3 orang Klien Pemasyarakatan yang berkesempatan magang hingga bekerja di 2 lokasi SAE tersebut. Kedepan akan kita terus sesuaikan program bimker dengan potensi Klien.

APG Farm adalah Akbar Pinau Guntung yang dirintis oleh Ir.Efredi Damri. Selain mengembangkan peternakan dan pertanian buah-sayur. APG Farm juga bisa menjadi sarana agrowisata keluarga, memetik buah, memanen sayuran atau bahkan memancing ikan dan langsung bisa disantap bersama di saung milik APG Farm. Konsep farming house yang lagi kekinian ini selalu ramai pengunjung di akhir pekan.

Sedangkan Jogja Laundry adalah merek usaha laundry pakaian, karpet, sofa, tas dan sepatu yang sebenarnya berada di Kota Bengkulu. Merintis dari usaha rumahan, saat ini usaha ini mulai besar dan mampu mempekerjakan banyak karyawan.

Kedua unit usaha ini sudah bekerjasama dengan BAPASLu sebagai Pokmas Lipas dan siap menjadi sarana asimilasi dan edukasi bagi Klien Pemasyarakatan BAPASLu dituangkan dalam masing-masing perjanjian kerjasamanya.(IH)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

20 TAHUN MENDERITA TUMOR, IBU MINASIA MENGHARAP KEAJAIBAN

BERBAHAGIALAH KARENA KITA MASIH PUNYA ALLAH TA’ALA (Upaya Menjaga Imunitas Tubuh. Seri.1)