in

Menjalakan Bisnis Di Tengah Pandemic

Oleh : Sendryan Ilham Firmansyah (Mahasiswa STEI SEBI)

Merencanakan Bisnis saat pandemic Covid-19 menjadi prioritas untuk pelaku bisnis di Indonesia saat ini. Tidak hanya gaya dihidup, nyatanya Pandemi Virus corona juga berdampak kepada sector Ekonomi diberbagai negara yang membuat para pembisnis Menyusun strategi yang tepat untuk bertahan di tengah pandemic seperti saat ini.

Bahkan, Sejak awal mula masuk pandemic masuk ke Indonesia, sudah berapa banyak perusahaan/Retail dan pelaku UMKM yang gulung tikar akibat dari pandemic karena gagal bertahan di tengah kondisi ekonomi yang tidak setabil.

Tidak hanya itu, akibat gulung tikarnya perusahaan besar berdampak kepada jumlah pengaguran yang terus meningkat di Indonesia. Oleh karena itu perusahaan atau pelaku UMKM harus memutar otak untuk Menyusun strategi yang mudah di sesusaikan dengan kondisi seperti ini agar dapat bertahan ditengan kondisi yang terjadi.

Maka dari itu didalam kesempatan kali ini kita akan membahas 4 hal yang perlu dilakukan Ketika menjalankan bisnis di tengah pandemic Covid-19, Apa sajakah itu ?.

  1. Manfaatkan peluang dengan merubah focus bisnis

Hal yang paling utama Ketika menjalankan bisnis dimasa Pandemi seperti saat ini  yaitu dengan memanfaatkan peluang yang masih ada, kalau perlu, jangan takut untuk memulai. Ada beberapa bisnis yang kehilangan pelanggan dikarenakan PSBB (Pembatasan Sosial bersekala besar) guna menekan angka penyebaran virus Corona yang ada dimasyarakat, nah. Apabila bisnis kamu termasuk yang terdampak dari PSBB ini, Maka kamu perlu mencari solusi lain agar roda perekonomian terus berputar.

            Kemudian, Bagiamana Caranya ? kamu bisa menyesuaikan bidang bisnis pada isu tersebut. Kami ambil contoh misalnya dalam bidang makanan. Maka kamu bisa menyiasati dengan menjual aneka macam makanan dengan siap masak atau bisa menggunakan system jasa siap antar pesanan.

  • Hadirkan Promo dan Diskon

Dikarenakan PSBB masyarakat lebih menghabiskan waktu lebih banyak dirumah, Nahh. Kamu bisa manfaatkan peluang ini dengan memberikan diskon dan promo kepada coustemer anda. Promosi bisa dilakukan dalam bentuk diskon atau menyediakan paket hemat dsb.

  • Media Online

Tips lainnya yang bisa kamu lakuin Ketika menjalankan bisnis dalam masa pandemic yaitu dengan memaksimalkan media online, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berdiam diri dirumah.

Untuk mempermudah kamu bisa menggukana melalui platform atau applikasi yang mudah diakses oleh konsumen, atau bisa melalui E-commers agar produk dapat dipasarkan lebih luas.

  • Strategi Pemasaran

Apabila selama ini kamu terbiasa melakukan promosi dan penjualan langsung (konven) ditempat ramai. Maka sudah untuk saat ini beralih ke Online marketing untuk pemasaran produk. Seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram dsb.

Percaya atau tidak berjualan melalui media online sangat menguntungkan sekaligus dapat meningkatkan penjualan

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

STRATEGI PEMASARAN UMKM DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENJUALAN SELAMA PANDEMI COVID 19

Perkembangan Ekonomi Syariah Di Padang Pariaman Sumatra Barat