in

Minta Penjelasan Bantuan BLT-DD, Warga Semundam Datangi Balai Desa

Linkkan.com – Rabu (13/05) terjadi aksi demonstrasi oleh masyarakat Desa Semundam Kabupaten Mukomuko di kantor desa. Demonstrasi bermula karena adanya kejanggalan yang dirasakan masyarakat mengenai bantuan BLT-DD yang sangat sedikit di alokasikan ke masyarakat.

Dok Warga Desa

“Di desa kita hanya ada 24KK yang mendapatkan bantuan BLT-DD, kenapa didesa tetangga (Mundam Marab) banyak yang terima?, kenapa desa kita hanya sedikit?” ujar SM salah satu pendemo siang itu.

Masyarakat Pendemo tersebut terlihat bersitegang dengan pemerintahan desa, dan terjadi Adu Mulut antar ke dua belah pihak. 

Diketahui dari SekDes Semundam (Danus) bahwa Dana Desa (DD) yang cair pada tahun ini senilai Rp 800 JT an, dan intruksi pemerintah pusat pengalokasian bantuan BLT-DD adalah 0-25% sedang masyarakat yang telah terdata mendapat bantuan sebanyak 24KK dan setiap KK akan mendapat bantuan Rp 600.000 per 3 bulan kedepan, jadi Total per KK akan mendapatkan bantuan senilai Rp 1.800.000.

Kemudian jika dikalikan 24KK yang mendapat bantuan. Total Dana Desa yang disalurkan oleh pemerintah desa Semundam pada BLT-DD ini sebanyak Rp 43.200.000 atau  -+ hanya 6,25 %. Dari 200 JT “Yang menjadi persoalan, kenapa hanya 6,25% ? sisanya 13,75% atau jika di Rupiahkan sebanyak Rp 150 JT an  di alokasikan kemana?” ujar salah satu pendemo yang berinisial “Z”.

Oleh SekDes (Danus) dijelaskan bahwa “Sisa Dana sebanyak 150 JT(13,75% BLT-DD) tersebut akan di alokasikan ke pembangunan Fisik (Lapangan Futsal) dan operasional Covid-19. Dan kami tidak akan memberhentikan pembangunan tersebut sampai Bupati mengeluarkan surat edaran untuk pemberhentian pembangunan tersebut”.

Mendengar penjelasan tersebut masyarakat kembali ricuh dan Kecewa, mereka menilai pemerintah desa Lebih mementingkan pembangunan (LF) dari pada memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 yang tidak tahu bagaimana nasib mereka kedepannya.

“Kami mohon dengan sangat agar pemerintah desa dan BPD dapat mengadakan rapat ulang (Musdesus) agar setidaknya jumlah KK yang mendapat bantuan di perbanyak, karna masih banyak sekali masyarakat yang merasa terdampak secara ekonomi akibat Pandemi ini, banyak dari kami yang d PHK namun tidak dapat bantuan, bantulah kami pak.” Ujar Liya salah satu masa Demonstrasi. 

Menanggapi permohonan masyarakat tsb. Ketua BPD Edi Suanto angkat bicara, “Kami mau saja melakukan Musdesus ulang mengenai hal ini karna memang menyampaikan aspirasi rakyat kepada PemDes adalah tugas kami, tp kembali lagi kepada pemangku kebijakan hal tersebut yaitu Perangkat Desa”.

Mendengar hal tersebut PemDes hanya mengatakan bahwa kami tidak bisa mengambil kebijakan untuk Musyawarah ulang. Mengingat Kepala Desa Semundam tidak hadir pada saat sekarang ini. Setelah terdengar adzan Dzuhur barulah masyarakat bubar dengan membawa rasa kecewa kepada pemerintahan desa karna Lebih mementingkan pembangunan fisik (Lapangan Futsal) serta tidak adanya kepastian akan diadakannya rapat Ulang atau Musdesus bantuan BLT-DD di Desa Semundam.(RS)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Bantu Pemerintah Cegah Covid-19, KAMMI Bengkulu Bagikan 1000 Masker Untuk Warga

Peran Pemuda, Di Tengah Pandemi Virus Corona