in

Penerapan Manajemen Strategi Yang Baik, Kunci Sukses Perusahaan

Oleh: Dwi Sugiyanto Mahasiswa STEI SEBI Depok

Manajemen sebagai penentu kesuksesan Perusahaan karena dalam pengambilan keputusan dan perencanaan harus menggunakan manajemen strategik.

Manajemen strategis merupakan seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan – keputusan, manajemen strategis berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.

Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Ada tiga tahapan dalam manajemen strategis, yaitu perumusan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi.

Manajemen strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direksi dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi tersebut. Manajemen strategis memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan dan terkait erat dengan bidang perilaku organisasi. Inti dari manajemen strategis adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber dayanya.

Tujuan penerapan manajemen staregik dalam Perusahaan adalah untuk melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang dipilih secara efektif dan efisien, mengevaluasi kinerja serta meninjau dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi, untuk mengembangkan dan memperbarui strategi yang dirumuskan sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal dan internal, untuk menganalisa peluang, kelemahan, serta kekuatan, dan juga ancaman yang akan terjadi, agar bias melakukan ivasi baru dan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Penerapan Manajemen Strategik pada Peerusahaan sangat lah penting, karna dalam menjalankan perusahaan harus di rencanakan untuk segala hal yang dilakukan. Strategi dibuat oleh top manajemen atau kepala bidang fungsional lainnya. Perencanaan strategis dibuat dengan mempertimbnagkan masukan dari staf atau karyawan yang berada di level lebih bawah sehingga secara tidak langsung sleuruh staf dan karyawan memberikan kontribusi dalam pembuatan perencanaan strategis pada setiap organisasi. Dengan manajemen strategik, organisasi dapat mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal.

Implementasi manajemen strategik pada oraganisasi yaitu :
• Menentukan visi dan misi serta tujuan.
• Membuat rancangan dan plaing jangka panjang untuk apa saja yang ingin di capai oleh Perusahaan.
• Menyusun SOP Keuangan dan Operasional. Sistem yang terdiri dari langkah-langkah yang berkesinambungan yang menjelaaskan secara detail bagaimana pelaksanaan suatu tugas tertentu.
• Menyusun Program Job Description yang jelas dan terarah, seluruh kegiatan operasional perusahaan saling berintegrasi untuk mencapai tujuan perusahaan.
• Menyusun anggaran pengeluaran dan beban yang akan di keluarkan dalam jangka panjang, serta menyusun pendapatan yang akan di dapat.
Manajemen Strategi dapat memberikan pengaruh yang besar kepada perushaan yang memekai sistem manajemen tersebut.

Kebanyakan dari pengaruh tersebut menghasilkan dampak yang positif bagi perusahaan itu tersendiri. Dan salah satu diantara dari pengaruhnya adalah aktivitas formulasi strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan.

Jadi ketika perusahaan tersebut mendapati sebuah masalah, perusahaan tersebut bias mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan tepat. Dan juga akan memberi kemampuan untuk para pegawai yang berjabatan tinggi kemampuan menganilisis suatu masalah, dan menyelesaikannya dengan baik dan cepat.

Proses manajemen strategi pun akan memberikan hasil keputusan terbaik dikarenakan interaksi kelompok mengumpulkan berbagai strategi yang lebih besar. Dan keterlibatan karyawan di dalam formulasi strategi akan dapat memperbaiki pengertian mereka atas penghargaan produktivitas di dalam setiap perencanaan strategi dan dengan demikian dapat mempertinggi motivasi kerja mereka.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Manajemen Strategi, Pondasi Ketahanan Perusahaan

Donasi Masker dari BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) Bengkulu untuk Penerima Manfaat BRSPDM “Dharma Guna” di Bengkulu