in

Peran Manajemen Strategi Dalam Lembaga Pendidikan

oleh Silvi Nuraeni

Linkkan – Pendidikan dalam bahasa yunani berasal dari kata padegogik yaitu ilmu menuntun anak,pendidikan merupakan suatu proses yang mencakup tiga hal diantaranya individu, masyarakat dan komunitas yang dibentuk oleh kumpulan individu tersebut baik secara realitas, material maupun spiritual yang berperan membentuk karakter dan nasib.

Pendidikan juga sangat diperlukan untuk mendapatkan keseimbangan dan kesempurnaan dalam perkembangan individu dan masyarakat disamping saling berbagi ilmu dan keahlian yang dimiliki.

Strategi merupakan istilah yang bersifat umum dalam membentuk sistematika yang perlu dibentuk dalam suatu pengelolaan organisasi. Strategi pada dasarnya merupakan seni dan  ilmu menggunakan serta mengembangkan kekuatan untuk mencapai tujuan yang telah diciptakan sebelumnya. Manajemen merupakan rangkaian atau proses yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi, untuk mendapatkan sistem yang rapih dan tersusun. Maka korelasi dari manajemen strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi.

Seperti yang kita pahami bersama bahwasannya ada istilah manajemen pendidikan dalam sebuah teori dan pengaplikasian, tentu dalam sebuah pendidikan atau kurikulum sangat dibutuhkan peran manajemen untuk mencapai sistem pendidikan yang baik, menurut Terrypage dan J.B Thomas manajemen pendidikan adalah sebuah teori dan praktek serta administrasi yang terdapat dalam lembaga dan sistem pendidikan. Namun untuk meningkatakan kualitas sistem pendidikan diperlukan adanya strataegi yang baik seperti strategi dalam mengelola administrasi dan strategi dalam membuat kurikulum pembelajaran siswa. Sehingga akan terbentuk sistem pendidikan yang teratur dan tepat.

Melihat dari pengertian manajemen strategi tersebut jelaslah bahwa suatu organisasi atau lembaga hendaknya mampu menginplementasikan konsep-konsep manajemen strategi dalam lingkungan pendidikan atau pembelajaran, konteks manajemen istilah strategi diartikan sebagai cara dan taktik utama yang dirancang secara sistematis dalam melaksanakan fungsi manajemen yang terarah pada tujuan strategi organisasi atau lembaga. Manajemen strategi sebagai sekumpulan keputusan dan tindakan yang menghasilkan perumusan dan pelaksanaan rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi, misalnya : merumuskan visi dan misi organisasi atau lembaga meliputi rumusan umum filosofi dan tujuan. Dalam menentukan langkah-langkah dan strategi yang akan diambil oleh sekolah, pengambilan keputusan harus berdsasarkan tahapan-tahapan proses manajemen strategik. Hal itu diperlukan mengingat pentingnya untuk mengamati,menganalisis situasi dan lingkungan yang ada sebelum menentukan strategi dari suatu lembaga pendidikan, ada tiga tahapan dalam manajemen strategi diantaranya formulasi strategi, pelaksanaan strategi, evaluasi strategi yang dimana ketiganya saling melengkapi satu sama lain.

Maka kesimpulan dari pembahasan diatas adalah peran manajemen strategi merupakan komponen untuk membentuk sistem pendidikan yang tepat,melihat keadaan indonesia pada saat ini yang sedang dilanda covid-19,dimana kurikulum dilaksanakan secara online atau daring maka hal tersebut membuktikan bahwa peran manajemen strategi sangat dibutuhkan oleh pemerintah atau lembaga-lembaga pendidikan yang ada diindonesia khususnya.

accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-manajemen-dan-perannya/

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Sambut Ramadhan, PW KAMMI Bengkulu Undang Artis Film Tausiyah Cinta

Sepenting Apa Manajemen Strategi Bagi Usaha Kamu ?