in

Perkembangan Ekonomi Syariah Di Padang Pariaman Sumatra Barat

Oleh : Oschadiva Edisha Putri (Mahasiswa STEI SEBI)

Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan ekonomi syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang Dasyat. Ini dibuktikan dengan mulai banyaknya  yang menggunakan sistem ekonomi syariah.

Dikutip dari pembicaraan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan RI Prof. Dr. Muliaman D. Hadad mengungkapkan Sumatera Barat, khususnya Padang Pariaman sangat potensial dalam pengembangan bisnis berbasis syariah upaya mensejaterahkan masyarakat. Dengan Salah satunya dengan mengoptimalkan BUMNag dengan literasi keuangan syariah, destinasi wisata religius dan juga kuliner Halal. Karena Sumbar Barat memiliki modal ABS-SBK.

“Sumbar khususnya Padang Pariaman sangat potensial kalau dikembangkan bisnis syariah, karena Sumbar mengusung wisata religius dan waisata halal,” ujar Muliaman Hadad ketika menjadi keynote speak pada Peresmian Lima nagari binaan menuju Nagari Emas di Hall Ikk Parit Malintang Kamis, (10/06/16)

“seperempat abad usia ekonomi syariah di Indonesia, meski perlahan, ekonomi syariah mulai menjadi primadona di Indonesia dengan segala tantangannya” ujar Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pusat ini juga menyampaikan Setelah

Semua ini terliat dari tren ekonomi syariah yang banyak digemari oleh hampir semua sektor pariwisata, sektor keuangan, sektor kuliner dan lainnya. Pengembangan bisnis yang berbasis syariah tidak hanya di perbankan tapi sudah menyebar luas dan merambah sampai ke bursa efek, wisata, kuliner dan lainnya

Bupati Ali Mukhni dalam sebuah pidatonya mengajak dan mengharapkan semua nagari mulai membangun bisnis di nagari yang berbasiskan Syariah, dimulai dari Badan Milik Nagari (BUMNag). Bangun bisnis diatas Kejujuran dan Keikhlasan itu kata kuncinya, kalau semuanya sudah dibangun dengan jujur dan ikhlas maka usaha yang kita lalukan akan diridhai oleh Allah SWT.

Padang pariaman sendiri sudah meresmikan lima nagari binaan oleh Bupati dan didampingi Ketua MES Pusat dan MES padang pariaman

“Percepatan peningkatan perekonomian masyarakat melalui BUMNag merupakan salah satu upaya yang sangat tepat. Melalui Alokasi Dana Nagari kami akan dorong nagari untuk segera membentuk BUMNag sehingga upaya percepatan dapat dilaksanakan,” ujarnya

Padang pariaman juga terkenal oleh makanan yang lezat dan tempat pariwisata yang sangat banyak, sehingga ditambahnya dengan nilai syariah yanh diterapkan pada sektor kuliner dan pariwisata menjadi nilai plus untuk berkunjung ke padang pariaman.

Saya kepikiran untuk membuat lembaga pembiayaan syariah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan ini adalah bentuk Ikhtiar untukkeluar dari riba yang diharamkan oleh agama. Yang Insyaallah akan menambah berkah dalam setiap usah yang akan dibuka oleh masyarakat padang pariaman.

Kita akan berkolaboras deengani banyak pihak agar perkmbangan ekonomi syariah di Padang pariaman terus meningkat dan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat terkhususnya masyarakat padang pariaman dan Sumatra Barat.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Menjalakan Bisnis Di Tengah Pandemic

Pertahanan UMKM Terhadap Bencana Dunia Pandemi Covid-19