in

Potensi Bisnis Syariah di Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Oleh: Faqih Fiddien
Mahasiswa STEI SEBi

Bisnis syariah di Indonesia akhir akhir ini memiliki tren yang positif di masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat membutuhkan sistem perekonomian yang adil dan berprinsip pada syariat islam. Sementara pemahaman masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat muslim belum sepenuhnya memahami sistem perekonomian yang sesuai dengan syariat islam. Jauh sebelum itu, banyak bisnis syariah sudah banyak berkembang di dunia perbankan. 

Untuk saat ini yang sedang ramai di masyarakat Indonesia adalah tentang kesadaran masyarakat terkait halal life style. Sehingga banyak yang menggunakan produk-produk yang sesuai dengan standar syariah. Dengan adanya hal itu saat ini banyak yang bermunculan para pelaku bisnis yang bergerak di bisnis syariah. Seperti bergerak di fashion, food, maupun bidang yang lainnya. Sehingga tidak menutup kemungkinan kedepannya, akan semakin banyak muncul para pelaku bisnis yang bergerak di bisnis syariah. Perkembangan bisnis syariah terus meluas hampir di seluruh daerah di Indonesia. Tidak terkecuali di Kabupaten Batang.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Batang mencatat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Batang pada tahun 2018 yaitu sebesar 5,72%. Hal ini menunjukan tren positif  bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Batang. Pertumbuhan ekonomi tersebut dipengaruhi oleh tiga sektor yakni, kontruksi, informasi serta pengadaan air sampah dan daur ulang. Tidak menutup kemungkinan sektor sektor yang lainnya juga akan mangalami peningkatan dalam membantu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Batang. Karena pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Batang memiliki tujuan yaitu “Visit Batang Year 2022 dan Heaven of Asia”.  Maka disitulah sektor sektor yang lainnya juga akan terus mengembangkan bisnisnya untuk bisa bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Bisnis syariah yang mungkin dapat berkembang di sektor ini adalah bisnis wisata halal. Tentu bisnis ini bisa saja dilakukan karena di Kabupaten Batang sendiri memiliki banyak wisata alam maupun wisata religi.

Kemudian selain dengan adanya cita-cita pemerintah daerah “Visit Batang Year 2022 dan Heaven of Asia”, kini Kabupaten Batang akan dijadikan pemerintah pusat untuk Kawasan Industri Terpadu. Maka sudah pasti potensi bisnis yang akan ada di Kabupaten Batang ini akan bertumbuh denhgan cepat. Persaingan-persaingan kedepannya juga nanti pasti akan terjadi. Tidak menutup kemungkinan potensi bisnis syariah juga akan bermunculan di Kabupaten Batang.  

Dengan adanya kesadaran masyarakat terkait halal life style dan adanya tujuan Pemerintah Kabupaten Batang ditahun 2022 serta adanya rencana Kabupaten Batang akan dijadikan Kawasan Industri Terpadu (KIT) maka perkembangan bisnis syariah di Kabupaten Batang memilki potensi yang besar untuk dijalankan dan dikembangkan.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Rendahnya Potensi Bisnis Syariah di Brebes

Pengelolaan Bisnis Syariah pada Kantin PTQ Al-Islah, Depok