in

Presiden Keluarkan Inpres Refocusing Anggaran, Total Penanggulangan Covid-19

Linkkan.com – Presiden Jokowi widodo, Telah menandatangani Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2020 Tentang Refocusing Kegiatan, Relokasi Anggran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam Inpres tersebut presiden meminta Kementerian atau Lembaga mengutamakan alokasi anggara untuk penanganan Covid-19. Minggu (22/3).

Adapun isi Intruksi Presiden (Inpres) ini mengintruksikan para menteri atau pimpinan Lembaga, Gubernur, bupati dan Walikota untuk :

  1. Mengutamakan penggunaan anggaran yang ada untuk kegiatan-kegiatan yang mempercepat penanganan Covid-19, Dengan mengacu pada protokol Penanganan Covid-19 di kementerian atau Lembaga atau Pemda dan Rencana Operasional yang ditetapkan Gugus Percepatan penanganan Covid-19.
  2. Mempercepat refocusing kegiatan dan relokasi anggaran Kementerian atau Lembaga melalui mekanisme revisi anggaran kepada Mentri keuangan sesuai dengan kewenangan.
  3. Mempercepat pengadaan barang dan jasa untuk percepatan penanganan Covid-19 dengan mempermudah dan memperluas akses sesuai UU Penanggulangan Bencana, PP Barang dan Jasa Pemerintah, dan Perpres Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana dalam Keadaan tertentu.
  4. Malakukan pengadaan barang dan jasa dalam rangka penanganan Covid-19 dengan melibatkan LKPP dan BPKP.
  5. Melakukan pengadaan barang dan jasa alat kesehatan dan alat kedokteran untuk penanganan Covid-19, Sesuai dengan standar yang ditetapkan Kemkes.
  6. Khusus Pada :
    a. Menkeu untuk memfasilitasi proses rivis anggaran secara cepat, Sederhana, Dan akuntabel.
    b. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam percepatan penggunaan APBD dan atau perubahan Peraturan Kepala Daerah tentang penjabaran APBD untuk percepatan penanganan Covid-19, Kepada Gubernur/Bupati/Walikota.
    c. MenPUPR mempercepat penyiapan dan pembangunan infrastuktur untuk penanganan Covid-19.
    d. Menkes mempercepat pemberian registrasi alat kesehatan dan kedokteran untuk penanganan Covid-19.
    e. kepala BPKB melakukan pendampingan dan pengawasan keuangan untuk penanganan Covid-19.
    f. Kepala LKPP melakukan pendampingan pengadaan barang dan jasa untuk penanganan Covid-19. Ujar Sri mulyani. Seperti dikutip pada halaman instagram Sri Mulyani Indrawati.

Banyaknya kasus pasien positif Covid-19 yang semakin menyebar di berbagai daerah, Membuat pemerintah melakukan antisipasi guna menekan kasus kematian akibat virus ini, Salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah adalah dengan menerbitkan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Refocusing Kegiatan, Relokasi Anggaran serta pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam Inpres tersebut presiden meminta Kementrian atau lembaga untuk mengutamakan alokasi anggaran yang ada untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai protokol penanganan.(AA)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Siaran Pers: Dr. Abdul Fikri Faqih Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fraksi PKS, Hapus UN

Hari Ini Bupati Rejang Lebong Perang Covid-19, Siapkan Satgas Disinfektan