in

Ramai Dan Untung, Dampak Positif Wisata Curug Bagi Warga Desa

Oleh : Nafis Fauzan Elhafiz

(Mahasiswa STEI SEBI Depok)

Diubah Dari Judul Aselinya “Tren Wisata Air Terjun atau Curug, Berdampak Positif Terhadap Perekonomian Masyarakat” .

Nafis

Linkkan.com – Tempat wisata adalah sesuatu yang ada di daerah tertentu dan memiliki daya tarik agar orang orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Selain itu tempat wisata juga bisa memberikankeramian dan sisi keuntungan dalam bidang ekonomi warga sekitarnya.

Objek wisata adalah tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan. Tempat wisata dapat berupa wisata alam maupun bangunan seperti gunung, air terjun, sungai, laut, museum, situs peninggalan sejarah,benteng, dan lain lain. Tempat wisata merupakan faktor penting penambah pendapatan suatu daerah dengan penyediaan jasa maupun pembangunan didaerah wisata itu sendiri.

Nah tapi kali ini teman-teman kita akan membahas seputar tempat wisata yang sedang di minati banyak orang yaitu air terjun atau curug, terkhusus curug cikuluwung salah satu curug ter hits di Bogor.

Tahu kah kita bahwa tahun-tahun belakangan ini curug menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling di minati banyak orang, dan itu pastinya akan berbanding lurus dengan perekonomian masyarakat sekitar, karena memang pengelola curug itu biasanya dari masyarakat sekitar dan juga dari perangkat desa ataupun kecamatan, sehingga uang nya pun akan berputar dan akan menjadi kekuatan ekonomi terhadap daerah tersebut.

Contohnya mari kita lihat salah satu destinasi curug yaitu curug cikuluwung yang mempunyai sumbangsih terhadap ekonomi masyarakat sekitar, dalam wawancara kepada pengelola curug yaitu A Andi beliau menuturkan “bahwa dengan adanya wisata curug cikuluwung ini sangat membantu masyarakat setempat, semisal yang tadinya banyak bank keliling tapi sekarang sudah tidak ada.

Dikarenakan para ibu-ibu sudah mendapatkan penghasilan dari membuka warung, dan juga bekerja sebagai tenaga kebersihan walupun mungkin masih tergolong kecil, begitu juga bapak-bapak nya bisa mendapatkan uang dari jaga parkiran, begitu pun anak muda nya yang biasa nya tidak punya penghasilan sekarang sudah bisa bekerja di curug, bahkan anak-anak kecil bisa turut ikut menjadi seperti tour guide kepada pengunjung yang artinya mereka bisa menghasilkan uang jajan sendiri.

Dan di curug ini telah memperkerjakan sekitar 45 orang yang semuanya dari masyarakat setempat”. Bahkan curug ini pernah di jadikan tempat syuting salah satu acara TV, yang pastinya juga akan berdampak kepada prekonomian warga karena mereka membutuhkan seperti homestay, sewa lokasi, pemandu, dan juga pengangkut barang logistik.

Jika kita melihat jalan menuju tempat wisata ini pun sekarang sudah di perbaiki atau di aspal, yang padahal di tahun-tahun sebelumnya tidak terlalu di prioritaskan, tapi karena ada obyek wisata inilah jalan cepat terealisasi bahkan ingin di perluas. Itulah contoh dampak wisata terhadap ekonomi masyarakat begitu juga infrastruktur nya, maka mari kita dukung dan ikut andil dalam mempromosikan wisata-wisata di daerah, yang memang di kelola oleh masyarakat sekitar karena akan memperkuat perekonomian masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan.

Nah terus apa yang mesti kita lakukan untuk membantu wisata-wisata lokal ini, ada sesuatu yang sangat berdampak besar terhadap maju nya wisata-wisata ini ujar A Andi yaitu “mempromosikan nya di media-media sosial” karena memang telah terbukti, tahun-tahun belakangan ini destinasi curug menjadi wisata yang paling di minati karna sumbangsih dari para influencer curug dan penyuka wisata curug.

Begitu juga media-media wisata, karena hal inilah yang akan cepat mempromosikan dan secara tidak langsung membuat orang ingin berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Yuk mari ikut andil dan menjadi bagian-bagian yang membantu perekonomian masyarakat daerah.(NK)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Kawal Pengendalian Lalat Buah, BPTP Bengkulu Bersinergi dengan Balitjestro

Sociopreneur Sebagai Model Bisnis Kekinian, Untung Dunia Dan Akhirat…Amiin