in

Rukun Islam dan Keterkaitannya dengan Akhlak

Oleh : Jamilah, STEI SEBI Depok

  Ada tidak sih,  keterkaitan antara rukun Islam dengan akhlak manusia?

Apakah rukun Islam tersebut nantinya mampu mempengaruhi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-harinya? Atau tidak ada keterkaitan antara rukun Islam dengan akhlak itu sendiri?

Ternyata, rukun Islam memiliki keterkaitan yang kuat dengan akhlak seseorang. Apabila rukun Islam yang dijalankan orang tersebut bagus, maka sudah pasti baik pulalah perilaku orang tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.

1. Syahadat

Syahadat merupakan suatu ikrar kita kepada Allah SWT. Dengan bersyahadat, kita sudah menyatakan dan meyakini bahwa tiada tuhan selain Allah dan nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Lalu, bagaimana sih keterkaitan akhlak seorang muslim yang telah bersyahadat dengan segenap hati dan perilakunya?

Muslim yang bersyahadat dengan bersungguh-sungguh akan berakhlak jujur dan ikhlas.

Jujur berarti benar-benar menyembah Allah, maksudnya ia menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah. Sedangkan ikhlas berarti ia menganggap bahwa Allah adalah tuhan satu-satunya yang wajib disembah.

Apakah akhlak kita sudah sesuai?

Karena akhlak yang sempurna milik Rasulullah, maka kita akan mencontoh sikap dan perbuatan Rasulullah SAW sebagaimana yang ia yakini sesuai dengan syahadat yang ia ikrarkan.

2. Shalat

Shalat merupakan salah satu cerminan akhlak seseorang, orang yang baik dalam shalatnya ia akan mencerminkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pribadi muslim yang baik. Ia tidak akan berbohong, tidak membunuh, tidak bermusuhan dengan orang lain dan perbuatan keji yang lainnya.

Orang yang menjalankan shalat dengan baik akan mencegah perbuatan keji dan munkar.

3. Zakat

Zakat merupakan salah satu cara untuk membersihkan diri seorang muslim. Dengan berzakat, seseorang sudah menyisihkan sebagian hartanya untuk orang lain. Tapi zakat juga bersumber dari sedekah, yang mana tidak harus berbentuk materil saja. Senyum, menyingkirkan duri, membantu orang lain juga termasuk sedekah.

4. Puasa

Puasa dapat diartikan sebagai menahan diri. Tetapi menahan diri tidak hanya menahan lapar dan haus saja. Tapi lebih dari itu. Dengan berpuasa juga dapat menahan kita dalam melakukan perbuatan yang dilarang karena pahala puasa akan berkurang apabila kita melakukan kegiatan keji dan munkar. Dengan berpuasa, kita dapat menahan diri dari melakukan kegiatan yang dilarang tersebut.

5. Haji

Rukun Islam yang terakhir adalah melaksanakan ibadah haji ke baitullah. Orang yang sudah berhaji, akan menahan diri dalam berbuat fasiq. Karena setelah kita berhaji, maka kita akan merubah sikap kita agar lebih baik lagi. Karena sungguh sangat memalukan apabila orang yang berhaji tapi masih melakukan perbuatan yang dilarang.

Itulah keterkaitan antara rukun Islam dengan akhlak seseorang. Ternyata, rukun Islam sangat mempengaruhi akhlak seseorang. Orang yang sudah bersungguh-sungguh dalam berrukun Islam, maka akan mencerminkan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan keimanan serta perilaku kita kepada yang lebih baik. Aamiin.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Karakteristik hubungan asmara yang sehat

Kedudukan dan Fungsi Maqashid Syari'ah