in

Tangani Jenazah Covid-19, Ini Pendapat NU

Linkkan.com – Masyarakat bingung tata cara memandikan jenazah pasien covid-19, Nahdatul ulama (NU) keluarkan hasil Bahtsul Masail tentang Fiqih Pemulasaran Jenazah pasien Covid-19, Senin (23/3).

Tangkapan Layar IG @nahdlatululama

Banyaknya pasien Covid-19 yang meninggal, Membuat keluarga dan masyarakat bingung bagaimana cara memandikan jenazah pasien agar tidak tertular. Melihat polemik di masyarakat tentang bagaimana tata cara memantikan jenazah covid-19 yang sesuai dengan Islam, namun tetap dalam keamanan yang tepat.

Nahdatul Ulama melakukan Bahtsul Masail tentang Fiqih pemulasaran jenazah pasien Covid-19. Adapun hasilnya sebagai berikut: Hasil Bahtsul Masail Lembaga Bahtsul Masail PBNU Tentang Fiqih Pemuasaran Jenazah Pasien Covid-19.

Bahwa Covid-19 merupakan wabah (tho’un), Karena itu orang yang meninggal akibat Covid-19 statusnya adalah syahid fil akhiroh. Sebab kedudukan syahadah (mati syahid) tidak hanya didapat oleh mereka yang gugur di medan perang. Mereka yang meninggal karena wabah penyakit (tho’un) juga dapat meraih kedudukan syahadah.

Jenazah pasien Covid-19 muslim memiliki kedudukan dan perlakuan sama dengan jenazah muslim pada umumnya, Yaitu wajib dimandikan, Dikafani, Dishalati, Dan dimakamkan.

Cara memandikan Jenazah pasien Covid-19 dengan menggunakan peralatan yang bisa mencegah penularan penyakit tersebut. Memandikan dilakukan oleh orang yang professional atau petugas kesehatan dengan harus melindungi diri dan memastikan keaamanan (menggunakan pakaian pelindung diri dan memastikan keamanannya (menggunakan pakaian pelindung, Sarung tangan, Masker dan desinfektan diri) agar tidak tertular virus dari jenazah. Setelah dimandikan, Jenazah pasien Covid-19 dibungkus kain kafan kemudian di bungkus sejenis plastik sehingga tidak mudah tercemar.

Untuk protokol atau teknis mengkafan jenazah pasien Covid 19 secara ekstra dan pemakamannnya harus mengikuti arahan dari ahli medis. Seperti dikutip dari halaman instagram nahdatul ulama.(AA)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

BNPB Kenalkan GERGAJI, Cegah Sebaran Covid-19

Cegah Covid-19 Kader PDIP Se-Jawa Barat, Bagikan Ribuan Botol Jamu