in ,

Terjangkit Virus Covid-19, Islam “Punya Obatnya” ?

Oleh : Asepto 
(Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu)

Islam adalah agama yang sempurna, Semua tidak luput dari pandangan Islam mulai dari politik,social,sains dan lain-lain termasuk juga bagaimana cara menyembuhkan penyakit.

Asepto

Sakit adalah pandangan atau presepsi seseorang bila merasa kesehatannya terganggu. Sakit adalah hal yang tidak mengenakan atau nyeri yang pasti dirasakan seseorang. Penyakit juga bisa di artikan sebagai proses fisik dan patofisiologis yang sedang berlangsung dan dapat menyebabkan keadaan tubuh atau pikiran menjadi abnormal. Dikutip dari Wikipedia.

Islam juga memandang posisi sakit sebagai ujian serta penghapus dosa bila penderita penyakit tersebut ikhlas dengan ketetapan yang Allah berikan pada dirinya, sebagiaman dalam hadis. “Tidaklah menimpa seorang mukmin berupa rasa sakit (yang terus menerus), rasa capek, kekhawatiran (pada pikiran), sedih (karena sesuatu yang hilang) 1, kesusahan hati 2. atau sesuatu yang menyakiti 3.sampai pun duri yang menusuknya melainkan akan dihapuskan dosa-dosanya.” (HR. Bukhari no. 5641 dan Muslim no. 2573) Dikutip dari Romysho.com.

Sebagaimana dikatakan dalah hadis tersebut maka jelas posisi seseorang yang sakit bila ia ikhlas dengan apa yang menimpanya. Allah menurunkan penyakit mesti ada obatnya, Allah SWT memberikan obat penyakit sebagaimana dalam Al-Qur’an.

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penawar….” (QS. Al-Israa’: 82). Dikutip dari muslim.or.id. Allah menjadikan Al-Qur’an sebagai penawar (obat) bagi orang-orang beriman. Ust adi hidayat dalam Vidio ceramahnya mengatakan ada 3 Ayat dalam Al-Qur’an yang di wahyukan untuk menyembuhkan penyakit. “ramainya berbagai penyakit, salah satunya Corona, bagi umat Islam bisa disembuhkan dengan cara melafalkan beberapa ayat dalam Al-Qur’an. Yakni, melalui surat Al Isro (17:82), surat Al-Anbiya (21: 83-84) dan surat Al-fatihah (1:1-7).” Adi Hidayat dikutip dari malang times.com.

Banyak kasus penderita penyakit berat dengan izin ALLAH saat di bacakan dengan ikhlas dan berserah diri kepada ALLAH menjadi sembuh, Begitulah yang seharusnya di yakini umat islam. Umat islam punya Al-Qur’an yang Allah jadikan sebagai syifa (penyembuh), Sudah selayaknya kita mengimani ayat ini dengan berusaha mendahulukan berobat dengan apa yang sudah Allah berikan.Waulahu’alam. (AA)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Terima Kasih Presiden, Bagi Tim Medis Penanganan Covid-19

Tidak Lockdown, Presiden Instruksikan Tes Massal Covid-19