in

Tips Agar Terhindar Dari Virus Corona

Oleh : Jamilah Mahasiswi STEI SEBI Depok

Linkkan – Seperti kita ketahui saat ini dunia tengah direpotkan dengan adanya pandemik virus corona. Virus yang sudah memakan ribuan korban ini kabarnya berasal dari kota Wuhan, China dan dikabarkan berasal dari salah satu hewan yang dijual di pasar yang berada di Wuhan yaitu kelelawar. Banyak juga teori konspirasi mengenai asal muasal virus covid 19 ini. Akibat dari virus ini dunia seperti “mengistirahatkan diri” dari segala kesibukannya. Dampak dari adanya virus ini sangatlah besar dan di berbagai bidang seperti sosial, politik, pendidikan dan yang paling kita rasakan adalah di bidang ekonomi.

Semakin hari korban yang positif virus corona semakin banyak, korban meninggal semakin meningkat, ODP dan PDP terus bertambah, tapi tak sedikit juga pasien yang berhasil sembuh dari virus ini. Banyak negara-negara yang melakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus ini. Sebagaimana kita ketahui saat ini sekolah dan kampus-kampus diliburkan dan diganti dengan melakukan pembelajaran secara online, para pekerja dirumahkan dan bekerja di rumah atau work from home (WFH), ada juga pekerja yang dirumahkan dan tidak mendapatkan gaji bahkan beberapa pegawai terkena PHK, sebagian mal-mal dan pusat perbelanjaan ditutup atau buka lebih siang dan tutup lebih awal, beberapa akses-akses jalan sudah mulai ditutup dan tempat wisata ada yang sudah ditutup total.

Sebagian kota-kota besar yang ada di Indonesia bahkan sudah melakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, beberapa kota yang sudah melakukan PSBB diantaranya adalah Jakarta, Depok, Bekasi dan Bogor. Banyak berbagai kalangan masyarakat yang terkena dampak dari diberlakukannya PSBB dan lockdown ini. Penjual-penjual asongan dan pedagang kaki lima banyak yang menderita, tukang ojek online dan offline kehilangan pekerjaannya. Dan yang paling merasakan dampak dari lockdown ini adalah para ibu rumah tangga. Bagi sebagian mereka yang bekerja, mereka harus bekerja di rumah, mengurus pekerjaan rumah dan membantu anak-anak belajar dari rumah. Banyak ibu-ibu yang mengeluh karena kerepotan dengan tugas di rumahnya dan membantu tugas anak-anaknya.

Tapi apapun keputusan pemerintah kita tetap wajib mematuhinya, salah satunya menggunakan masker saat sedang sakit ataupun tidak ketika bepergian.

Berikut beberapa langkah yang dapat kita lakukan agar terhindar dari virus corona :

Jaga Kebersihan Badan dan Lingkungan

pertama adalah selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan, salah satunya adalah selalu mencuci tangan menggunakan sabun.

Jauhi Keramaian dan Kerumunan

Langkah yang kedua adalah dengan menghindari berbagai kerumunan,

Jaga Jarak dengan Orang Lain

yang ketiga adalah menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain,

Selalu Cuci Tangan

langkah selanjutnya adalah selalu mencuci tangan menggunakan handsanitizer dalam melakukan aktivitas di dalam maupun luar rumah,

Semprot Desinfektan

langkah yang kelima adalah melakukan penyemprotan menggunakan desinfektan di berbagai alat yang sering dipegang oleh banyak orang seperti di gagang pintu juga tangga dan juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum.

Makan Makanan Sehat

Langkah keenam adalah tetap menjaga daya tahan tubuh kita dengan memakan makanan sehat dan juga banyak minum air putih, karena dengan tubuh yang sehat kita dapat mencegah masuknya virus ke dalam tubuh kita karena virus akan kalah dengan kekebalan tubuh kita.

Jangan Menyentuh Wajah dan Mulut

Ketujuh adalah jangan menyentuh wajah dan mulut kita menggunakan tangan, karena itu merupakan tempat jalan masuknya virus.

Berdiam Diri di Rumah

Dan yang terpenting adalah sebaiknya kita tetap berdiam di rumah jika memang tidak terlalu penting sampai wabah ini berakhir karena ini adalah langkah terpenting agar kita tidak tertular  virus corona.

Tapi dengan adanya virus corona ini juga dapat mendatangkan banyak hikmah salah satunya adalah kita dapat berkumpul dengan keluarga di rumah, polusi udara sedikit demi sedikit mulai menipis bahkan sungai-sungai yang kotorpun ada yang kembali jernih. Marilah kita sama-sama berdoa agar virus covid 19 ini segera hilang dan jangan lupa bantu pemerintah dengan menaati segala peraturan yang dibuat agar kita dapat memutus rantai penularan virus ini. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi kita semua.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Manajemen Strategi Serta Implementasinya Pada Lembaga Sosial

Milad Ke-22 Tahun, PKS DKI Jakarta Antarkan Bantuan Sembako Total 2,2 Milyar