in

Tips Berbisnis di Masa Pandemi

Oleh: Yusril Abdul Majid 
Mahasiswa STEI SEBI 

Pada masa pandemi ini banyak pembisnis yang mati atau gulung tikar dikarenakan tidak kuat menahan beban yang bisa di bilang baru terjadi pertama kali di indonesia ini banyak orang yang membatasi aktivitas di luar rumah yang berdampak kepada para pembisnis, sehingga berkurang nya konsumen. Di sisi lain juga pemerintah masih bingun untuk memberi arahan atau kebijakan bagi pembisnis agar bisnis UMKM khusus nya tidak goyah bahkan gulung tikar.

 Namun tidak menutup kemungkinan jika sesuatu di ciptakan pasti akan mengandung negative dan postif. Ada beberapa bisnis yang di untungkan dari ada nya pandemi ini seperti bisnis handsanitizer, masker, dan kesehatan banyak yang kelebihan pesanan karena banyak orang yang membutuhkan di tambah dengan pemertintah wajib mewajibkan pemakaian barang barang tersebut.

Namun selain dari bisnis di atas rata rata banyak yang di rugikan karena dampak dari masyarakat yang enggan untuk keluar rumah beraktivitas seperti biasa Pandemi ini menuntut semua orang untuk cepat menyesuaikan diri dengan pola kerja baru. Beberapa contohnya yaitu para pekerja harus merubah kegiatannya menjadi Work From Home (WFH), mahasiswa dan anak sekolah pun harus belajar secara online. Walaupun banyak kegiatan yang tidak dapat berjalan seperti biasanya.

 Meskipun denmikian ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu untuk mempertahankan bisnis kita ketika pandemi ini sedang berlangsung, karena kita tidak tahu sapai kapan sitausi seperti ini akan tetap berlangsung. Berikut tips tips nya :

Pertama yaitu memberikan diskon adalah salah satu strategi untuk mempertahankan bisnsi kita karena dengan memberikan diskon kepada konsumen untuk lebih tertarik kepada bisnis kita contoh nya kita membuat bisnsi makanan denga ada nya strategi diskon maka para konsumen akan lebih memilih untuk membeli makanan di toko kita karena kertertarikannya yang di sebabkan oleh diskon.

Kedua dengan menggunakan jasa online seperti gojek dan grab setelah kita membuat diskon maka hal yang tepat adalah menggunakan jasa online yang sudah terpercaya seperti gojek dan grab. Hal ini bertujuang untuk memudah kan para konsumen untuk membeli makanan yang kita jual. Karena ada nya aturan PSBB (  Pembatasan Sosial Berskala Besar ) yang menjadikan masyarakat akan enggan untuk beraktivitas seperti biasa, jadi dengan kita menggunakan jasa online yang sudah terpercaya seperti gojek dan grab maka ini memudahkan bagi konsumen kita nanti nya.

Dari dua tips di atas mungkin dapat membantu untuk mempertahankan bisnis kita dalam hal ini saya mengambil contoh bsnis makanan yang di mana banyak sekali yang terjun ke bisnsi ini. Mungkin dua tips di atas dapat membantu untuk mempertahan kan bisnis kita semua.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

STRATEGI MANAJEMEN BRANDING PRODUK SETELAH VIRUS CORONA

Tips Menghadapi New Normal Saat Pandemi Covid-19