in

Tips Menghadapi New Normal Saat Pandemi Covid-19

Oleh:  Ripa Syamrotul Puadah 
Mahasiswa STEI SEBI

Saat ini Indonesia bahkan dunia sedang merasa cemas dan Panik akibat virus Corona atau covid 19 khususnya bagi pelaku bisnis.

Bahkan saat pertama kali diberitahukan bahwa di Indonesia ada yang positif orang-orang mengalami kepanikan yang begitu  luar biasa di mana orang-orang Langsung menyetok kebutuhan pokok yang begitu banyak atau biasa disebut dengan panic buying.

Juga saat ini alat kesehatan sangat dibutuhkan maka orang-orang menjual alat kesehatan dengan harga yang begitu tinggi bahkan bisa sampai beberapa kali lipat dari harga normal Contohnya seperti :  Hand sanitizer, masker, alat pelindung diri (APD). Karena demend untuk alat kesehatan ini semakin tinggi maka harga yang diberikan pun semakin tinggi

Dari data terupdate ( 20 juli 2020 ) diketahui ada 1.693 kasus baru covid 19. Penambahan itu menyebabkan kini ada 88.214 kasus covid 19 di Indonesia, terhitung sejak pengumuman pasien pertama pada 2 maret 2020 lalu.

Dan saat ini Indonesia tengah mengalami kondisi baru atau new normal di tengah pandemi covid 19 semua hal yang berkaitan dengan kegiatan di luar rumah kembali dilakukan

Akan tetapi hal ini masih membawa kekhawatiran sendiri, sebab wabah ini masih belum mereda apalagi masih ada beberapa tempat dengan berstatus zona merah, dan hal ini beresiko tinggi untuk penyebaran virus corona.

Kita semua wajib menjaga kesehatan tubuh juga social distancing sampai covid 19 ini benar-benar menghilang dan kondisi kembali seperti semula.

Tips yang harus dilakukan saat menghadapi new normal diantaranya

1. Selalu menggunakan masker setiap akan keluar rumah

Menggunakan masker dapat membantu mencegah penyebaran virus,  sebab penelitian penelitian menyimpulkan bahwa masker sangat efektif dalam mencegah penyebaran infeksi virus apabila digunakan dengan benar.

2. Kantongi hand sanitizer setiap bepergian

Kuman ada dimana-mana, bisa menyebar kapan saja. Cara penyebaran pun bisa bermacam-macam salah satu caranya adalah melalui kontak tangan. Saat kita sedang bepergian dan kesulitan mencari tempat cuci tangan kita dapat menggunakan Hand sanitizer untuk kebersihan tangan kita dari kuman dan kotoran Oleh karena itu selalu membawa hand sanitizer ke mana pun akan pergi

3. Melakukan physical distancing

Saat ini istilah pembatasan sosial ( social distancing ) diubah menjadi menjaga jarak fisik ( physical distancing ). Alasan penggunaan istilah ini adalah untuk mengklarifikasi bahwa ada intruksi untuk berdiam diri di rumah demi memutus rantai penyebaran virus Corona titik Hal ini bukan berarti memutuskan kontak dengan teman atau keluarga, akan tetapi komunikasi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan telepon, video call atau chat.

Physical distancing ini sangat penting untuk memerangi covid 19, khususnya selama belum ada vaksin yang berhasil ditemukan.

4. Membawa peralatan pribadi

Jika kamu pegawai kantoran yang sudah mulai beraktifitas untuk bekerja, di luar sana alangkah lebih baiknya membawa kebutuhan pribadi dari rumah seperti alat makan, alat salat, dan peralatan kebutuhan lainnya. Hal ini perlu diperhatikan untuk mengurangi resiko terpaparnya virus

5. Jalani pola hidup sehat

Hal ini penting sekali dilakukan supaya fisik kita semakin sehat. Menjalani pola hidup sehat ini diantaranya dengan menjaga pola tidur, konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga juga hindari stres. Dan jangan pernah melakukan aktivitas yang membuat tubuh menjadi lelah karena dengan begitu tubuh menjadi lebih mudah terpapar penyakit. Bila perlu bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Tips Berbisnis di Masa Pandemi

Prinsip Manajemen Bisnis Syariah