in

Ulas Buku Perwujudan Nilai Pancasila, Rachmat Gobel: Saya Pengusaha Yang Implementasikan Nilai Pancasila

Linkkan.com – Wakil Ketua DPR RI dari Partai Nasdem Rachmat Gobel menjadi Pengulas Buku “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perwujudan Perdamaian Dunia” kumpulan esai karya pemuda-pemudi Se-Indonesia. Rabu, (10/02) dalam ulasannya sebagai yang berlatar profesi pengusaha dan pernah menjadi Menteri Perdagangan Rachmat Gobel secara daring menjelaskan bagaimana pengaplikasian niali-nila Pancasila dalam hubungan dagang dan investasi dengan negara luar.

DR.(H.C.).Rachmat Gobel

Dalam ulasannya Rachmat Gobel menyisipkan sebuah cerita, saat kedatangan pengusaha dari Jepang, dan bertepatan dengan hari senin, maka karyawannya diminta rutin untuk upacara bendera dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, hormat pada bendera merah putih, dan melafalkan Pancasila untuk menunjukkan cinta kepada bangsa Indonesia dan senantiasa menghargai dan melestarikan nilai-nilai Pancasila. Saat itu pengusaha dari Jepang menarik perhatian para pegawainya karena ikut hormat kepada Sang Saka Merah Putih.

“Ini kan hal yang sederhana saja dalam implementasi nilai Pancasila, belum kita bicara skala makro saat bertemu para investor, dimana mereka juga ingin menanamkan nilai dari budaya luar mereka, dan jadi tantangan untuk kita pertahankan budaya jati diri bangsa kita, itu tantangannya di dunia usaha,” ujar Rachmat Gobel yang mengakui baru saja bergabung di bidang politik sebagai bentuk garis tangan pengabdian.

Selain itu beliau juga menyampaikan apresiasi kepada para kontributor buku yang masih sangat muda. Dan berpesan kepada generasi muda agar tidak apatis dengan Partai Politik, dan menceritakan bahwa di Partai Nasdem selain ada pendidikan dari lemhanas juga ada sekolah kader dari partai Nasdem dimana didalamnya juga membahas isu-isu yang berkembang terkait pendidikan, perempuan dan perekonomian rakyat.

Beliau juga sedang mengembangkan koperasi usaha rakyat di daerah pemilihannya Gorontalo. Hal ini juga sebagai pengaplikasian nilai-nilai Pancasila. Karena dalam koperasi terdapat saling gotong royong dan permusyawaratan sebagai nilai dasar utama.

Para Narasumber dan Moderator Bedah Buku Online

Acara yang berlangsung dipandu oleh moderator Dadang Mas Bakar juga menghadirkan pembicara duo perempuan sebagai pengulas buku Mba Rahayu Saraswati Dhirakanya Djoyohadikusumo sebagai aktivis Perempuan yang juga mantan anggota DPR RI dan Hree Dharma Santhi Putri Samudra mahasiswi HI UNPAD sebagai salah satu kontributor buku. Acara yang dilaksnakan sejak pukul 08.00 WIB secara daring ini juga diisi dengan sesi diskusi tanya-jawab bagi para peserta webinar. Banyaknya penanya memberikan antusias yang tinggi terhadap peluncuran dan bedah buku online ini. Dan diakhir acara dibagikan 5 buah buku bagi penya terbaik.(IH)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

DRK Cohort 9 Launching Buku Online, Duo Perempuan Bicara Pancasila Wujudkan Perdamaian

Tak Pernah Jual Ke Siswadi, Ini Pengakuan Haji Fuadi Pemilik Awal Tanah Kantor DPW PKS Bengkulu