in

UPG Inspektorat Padang Panjang Giat Sosialisasi, Sinergi dan Kordinasi Gratifikasi, Ini Tiga Kunci Pencegahan Korupsi

Linkkan.com – Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) Inspektorat Pemerintah Daerah Kota Padang Panjang selama tiga hari berturut-turut aktif sosialisasi dan kordinasi tentang gratifikasi.

“Alhamdulillah selama tiga hari ini kita turun ke lapangan, diawali sosialisasi gratifikasi di enam kelurahan, kemudian sinergi dengan kejaksaan dan kordinasi bersama KPK. Ini komitmen kami cegah korupsi,” ujar Rico Candra salah satu anggota tim UPG Kota Padang Panjang.

Rico menambahkan, “Bahwa gratifikasi ini sangat berbahaya ini pintu masuk korupsi, maka sosialisasi, sinergi dan kordinasi menjadi kunci bersih gratifikasi dan cegah korupsi,” ujarnya disela kegiatan.

Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) merupakan unit kerja yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan pengendalian gratifikasi di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang, melalui peningkatan pemahaman dan kesadaran pelaporan gratifikasi secara transparan dan akuntabel sesuai peraturan perundang-undangan.

Gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya. Gratifikasi tersebut baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.

Setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dianggap pemberian suap, apabila berhubungan dengan jabatannya dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya, kecuali jika penerima melaporkan gratifikasi yang diterimanya kepada Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK).(IH)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Bukan Karena Pandemi Covid-19, Ini Asal-usul Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia

Revolusi Digital, DJKI Kemenkumham Luncurkan IPROLINE dan Loket Virtual