in

Yuk, Bangkit Di Masa New Normal Dengan Berjualan

Oleh : Mahasiswa STEI SEBI

Di Masa Pandemi ini,tentunya banyak orang yang sangat kesulitan dalam hal kegiatan per ekonomian. Mulai dari di PHK nya dari pekerjaan, kemudian tidak bisa nya berjualan secara langsung , mati nya usaha karena efek dari pandemi ini. Menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 diambil dari (covid19.go.id) pada tanggal, 21 Juli 2020 sejauh ini tercatat yang Positif berjumlah 88.214 Yang sembuh 46.997 dan yang Meninggal 4.239. Dengan sudah nya dibolehkan ber kegiatan seperti biasanya dari pemerintah tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan. Untuk kita yang ingin Survive dari masa Pandemi ini sangat berpeluang besar yang ingin memperbaiki dengan berjualan di masa New Normal ini.

Seperti apa sih ? disini penulis mencoba sedikit membantu Bangkit Di Masa New Normal Dengan Berjualan. Jika kamu Ingin berjualan, hal yang kamu lakukan adalah menyusun strategi mencari pasar. Mencari pasar itu memahami apa yang sedang dibutuhkan masyarakat atau apa yang di senangi masyarakat. Ketika sudah menemukan pasarnya kemudian susun lah rencana selanjutnya untuk berjualan. “aku tidak punya modal” kamu jika serius mau berjualan modal yang paling penting adalah kemauan dan tekad yang kuat. karena jika kamu tidak punya modal uang usaha, carilah kerabat , teman atau saudara kalian yang mau diajak kerjasama dengan menanamkan modal. “kenalan aku sedikit “ mulai lah dari apa yang kamu punya untuk berjualan karena jika kamu memiliki keinginan berjualan yang sungguh-sungguh pasti ada jalan, sedangkan kamu yang tidak ada keinginan kamu hanya stak disitu aja.

Kemudian, mulailah berjualan secara online. Ajak lah teman-teman mu, kerabat mu untuk mampir ke akun usaha kamu dengan minimal “Follow” dan minta bantu promosikan usaha mu ke teman-teman mu. Karena teman yang baik adalah membantu temannya di saat kesulitan dimulai membantu dari hal yang ringan seperti promosi. Lalu, perbanyak Sedekah dan di selingi doa. Seperti kata Dewa Eka Prayoga “Jangan nunggu kaya untuk bantu orang, tapi jika kamu mau kaya bantulah orang”. Karena walaupun kita juga dalam kesulitan ketika kita bantu orang juga disitulah muncul keberkahan dan doa dari orang yang kita bantu. Dan jangan lupa tentunya temen-temen harus semangat terus.

Lalu , sebelum menawarkan ke orang-orang buatlah Promosi yang menarik, seperti “Gratis Ongkos Kirim Wilayah Malang” atau memberika diskon sebagai opening usaha di awal. Atau kamu bisa juga dengan contoh kamu ada stok barang usaha susu berjumlah 10 dengan harga 10.000 untuk menjadikan 100.000 pertama buatlah menjadi “ Dengan susu sapi murni berkualitas ukuran besar dengan diskon hanya 20.000” padahal di awal kamu menetapkan harga 10.000. kamu hanya cukup mencari 5 orang pertama sebagai 100.000 pertama kamu. Kemudian Buatlah Variasi Pilihan Seperti : Susu 200ml Rp.15.000, Susu 300ml Rp.20.000, Susu 500ml Rp.45.000. kenapa seperti itu ? jarak varian kecil dan varian sedang buatlah dengan ukuran yang tidak jauh dan untuk varian yang besar buatlah jadi bahan yang premium dan harga premium.

Apakah berpotensi jika Berbisnis Syariah di masa New Normal ini ? tentunya sangat berpotensi, karena usaha yang berbasis syariah itu unsur kesejahteraan nya ada,  tidak menzalimi pembeli maupun penjual. Apalagi di masa yang sedang pandemi ini tentunya orang akan berfikir 2x jika harus berniaga yang ada unsur kerugiannya karena sedang masa sulit.

Sebagai contoh usaha secara syariah atau yang baik di masa pandemi ini adalah usaha sekaligus berbagi. Dari hasil penjualan kamu sisihkan untuk berbagi kepada orang-orang yang masih kesulitan karena yang kesulitan ini tidak hanya kita tapi semua orang. Karena tidak semuanya orang berbagi menjangkau ke semuanya, akan tetapi mulailah dari kita untuk berbagi kepada orang –orang dengan cara usaha seperti ini. Kadang masih banyak juga orang yang tidak se special kita dengan kemampuan seperti kita. Dan tentunya usaha tidak menzalimi siapapun akan tetapi usaha membantu orang-orang dimulai dari sekitar kita.

Untuk bangkit di masa New Normal ini lalu kita mau berjualan mulailah menjauhi kegiatan berjualan yang buruk. Yakini bahwa berjualan yang baik itu tentunya akan sukses dan akan membantu orang banyak. Tanamkan hal itu sebagai mindset kamu. Banyak orang yang bangga memamerkan kekayaan padahal dia memperoleh itu semua dengan cara yang dilarang islam. Bukankah akan lebih hidup tenang dunia akhirat jika kita berjualan secara halal dan sukses? Jika di dunia ini ada cara baik dan buruk , kenapa harus yang buruk? Bukan kah kita sebelumnya susah dan butuh bantuan orang baik ? mari ciptakan kegiatan usaha secara baik dan jadilah orang baik untuk orang banyak.

Ketika kita sedang Usaha tentunya kita punya idola bukan ? Nah, pilihlah idolamu yang baik yang bisa memotivasi kamu untuk berkembang dan tentunya idola yang positif maka kamu akan terbawa hal positif. Jika kamu berjualan secara online buat lah feed di akun kamu rapih dan memudahkan orang lain. Buatlah se menarik mungkin secantik mungkin yang akan di posting di akun media sosial kamu. Dan terakhir jangan lupa untuk selalu semangat, tanamkan tekad yang kuat yakinlah dengan jalanin ini hidup kamu akan lebih baik , dan jangan lupa untuk perbanyak doa dan sedekah untuk orang lain.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

UMKM Harus Fokus di Digital Jika Ingin Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

New Normal, Bapas Bengkulu Ambil Litmas Dua Cara Online Dan Offline